Menyedihkan !!! Lantaran Akses Jalan Sulit, Warga Sulsel Tandu Jenazah Sejauh 60 KM

MUSTANIR.com – Kondisi memprihatinkan harus dialami warga Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Akses jalan yang sulit membuat warga harus membayar mahal angkutan transportasi.

Warga Rampi yang ingin ke Masamba, ibukota Kabupaten Luwu Utara, harus membayar ojek, satu-satunya moda transportasi, dengan harga Rp1 juta.

Dikutip dari laman Koran Seruya, Selasa 12 Februari 2019, kondisi inilah yang dialami keluarga Renti Wuhi, warga Desa Tedeboe. Keluarga kesulitan memulangkan jenazah Renti ke Tedeboe.

Renti meninggal saat menjalani perawatan di RS Andi Djemma Masamba, Rabu 6 Februari 2019. Keluarga bersikeras ingin memakamkan Renti di Tedeboe.

Mendengar jarak tempuh dan akses yang terbatas, Camat Rampi, Suryadi Djafar, akhirnya mengantar jenazah dan rombongan dengan ambulans ke Desa Toboda, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Total Perjalanan Selama 18 Jam

Desa Toboda merupakan desa terdekat dan satu-satunya akses menuju Desa Tedeboe. Setelah dari Toboda, keluarga perlu berjalan kaki menembus hutan belantara dan gunung sejauh kurang lebih 60 kilometer.

Akses menuju ke Desa Tedeboe tak bisa ditembus kendaraan roda empat. Sementara, keluarga juga tak mungkin menggunakan ojek untuk menandu jenazah.

“Perjalanan dari Tobada ke Tedeboe kurang lebih 18 jam tanpa istirahat jalan kaki,” kata warga Masamba, Pong Indri. [ksc/dci]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories