Khilafahlah yang Akan Mengakhiri Derita Yaman

Ilustrasi. Foto: sindonews

Oleh: Siti Hasriani,
Pengajar dan Ibu Rumah tangga

MUSTANIR.COM – David Beasley, direktur pelaksana program pangan dunia, mengunjungi Yaman minggu lalu dan menggambarkan situasi yang mengerikan disana.

“Apa yang saya lihat di Yaman pekan ini adalah mimpi buruk, horor,perampasan, kesengsaraan. Dan kita, semua umat manusia, harus menyalahkan diri sendiri,” kata Beasley kepala Dewan Keamanan PBB pada Jumat (16/11).

Beasley menambahkan bahwa sejak musim semi, harga bahan makanan pokok meningkat dua kali lipat. Sempurnalah penderitaan rakyat Yaman,yang bergantung pada impor untuk kebutuhan dasar kehidupan.

Penderitaan yang tengah di alami saudara kita di Yaman merupakan akibat dari perang saudara di bawah provokasi barat. Saya sebagai ibu rumah tangga dari tiga anak merasa prihatin terhadap kondisi Yaman yang semakin memprihatinkan akibat korban perang.

Di tengah carut marut persoalan yang di alami bangsa ini sebagai negara mayoritas muslim kita tidak boleh lagi berdiam diri terhadap kondisi di Yaman apalagi berharap pada PBB untuk menyelesaikan permasalahan Yaman. Abainya kita terhadap konflik di Yaman merupakan pengabaian kita pada perintah Rasulullah SAW, Karena sejatinya kaum muslim merupakan saudara.

Rasulullah SAW bersabda :

“Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” [HR. Muslim]

Namun, sulit bagi kita kini melakukan aksi nyata dalam menolong saudara-saudara kita yang kini tengah mengalami konflik. Kini umat Islam tidak memiliki tameng yang kuat dalam melakukan upaya pertolongan pada Yaman. Hal ini di sebabkan kaum muslim kini terpecah belah, dipisahkan oleh sekat nasionalisme. Padahal dengan umat bersatu, umat akan memiliki kekuatan yakni kekuatan global yang akan menghentikan konflik tersebut. Kekuatan global itu adalah institusi Khilafah Islamiyah.

Maka sudah saatnya kini umat bersatu padu dalam memperjuangkan tegak nya institusi khilafah yg akan mengakhiri derita Yaman bahkan derita umat secara keseluruhan. []

Wallahu’alam bisshawab..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories