PBNU Imbau Jamaahnya Tak Ikut Aksi Bela Tauhid

Ketua PBNU Said Aqil. foto: Tribunnews.com

MUSTANIR.COM, JAKARTA — Sebagian kelompok umat Islam akan kembali menggelar Aksi Bela Tauhid lanjutan di Istana Kepresidenan Jakarta Pusat pada Jumat (2/10) besok. Menanggapi hal itu, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siraj justru mengajak umat Islam itu untuk mendzikirkan kalimat Tauhid itu.

“Tauhid itu mari kita dzikirkan laillahailallah banyak-banyak,” ujar Kiai Said saat dimintai tanggapan wartawan terkait rencana Aksi Bela Tauhid jilid II itu di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (31/10) malam.

Kiai Said menyampaikan hal itu usai bersilaturahim dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nasir dan jajarannya. Pertemuan tersebut juga dihadiri Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut).

Gus Yaqut mengakui bahwa dalam pertemuan tersebut memang membahas tentang insiden pembakaran bendera tauhid yang dilakukan anggota Banser di Garut beberapa waktu lalu. Namun, menurut Gus Yaqut, dalam pertemuan itu tidak ada pembahasan spesifik terkait rencana Aksi Bela Tauhid jilid II tersebut. Karena, NU dan Muhammadiyah sudah menganggap masalah itu sudah selesai dan diserahkan kepada proses hukum.

Dia mengatakan, PBNU dan Muhammadiyah hanya sepakat untuk mengimbau jamaahnya masing-masing agar tidak mengikuti Aksi Bela Tauhid tersebut. “Nggak lah (tidak membahas soal Aksi Bela Tauhid), secara spesifik sih nggak, tapi tadi disepakati untuk masing-masing meredakan jamaahnya lah, supaya nggak usah ikut-ikut, gitu kira-kira,” kata Gus Yaqut.
(republika.co.id/1/11/18)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories