Facebook Hapus 1,5 Juta Video Rekaman Aksi Biadab Teroris di Masjid Selendia Baru

MUSTANIR.com – Facebook telah menghapus 1,5 video dari serangan teroris di Christchurch, Selandia Baru. Video ini dihapus dalam 24 jam setelah penembakan brutal terjadi.

Dilansir dari laman The Guardian, Senin 18 Maret 2019, sistem otomatis pada platform tersebut telah memblokir 1,2 juta video. Sedangkan 300 ribuan klip video lainnya dihapus oleh tim moderator Facebook.

Media sosial raksasa itu sedang menghapus video apapun yang menampilkan rekaman pelaku penembakan tersebut.

“Sebagai bentuk menghormati orang-orang yang berdampak oleh tragedi dan kekhawatiran pihak berwenang setempat, kami juga menghapus seluruh versi edit dari video yang tidak menampilkan konten grafis,” kata perwakilan Facebook Selandia Baru, Mia Garlick.

YouTube juga mengambil langkah yang sama, meskipun platform itu menyadari pengguna masih mudah menemukan video dengan mengetik istilah pencarian sederhana mengenai penyerangan tersebut.

Pada saat kejadian, teroris yang menyerang jemaah di Masjid Christchurch menyiarkan langsung aksi 17 menit di Facebook. Satu jam kemudian video aslinya telah dihapus namun telah diunggah berulang kali oleh pengguna lain.

Atas kejadian tersebut, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengatakan akan berbicara dengan platform media sosial dan internet untuk menghentikan penyebaran video itu.

“Ini adalah masalah yang jauh melampaui Selandia Baru, namun bukan berarti kita tidak bisa bermain aktif untuk menyelesaikannya. Ini masalah yang akan saya diskusikan langsung dengan Facebook,” kata Ardern. []

Sumber: viva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories