Din Syamsuddin: Ustad Somad Jelaskan Khilafah dari Alquran

Din Syamsuddin dan Ustad Abdul Somad (UAS) menggelar pertemuan di Jalan Margasatwa Raya Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (3/11). foto: jawapos

MUSTANIR.COM – Dua tokoh agama yakni Din Syamsuddin dan Ustad Abdul Somad (UAS) menggelar pertemuan di Jalan Margasatwa Raya Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (3/11). Sejumlah topik dibahas, termasuk kerapnya UAS mendapat penolakan hingga dugaan persekusi saat hendak berceramah.

Din mengatakan, kejadian yang menimpa UAS itu membuatnya prihatin. “Terkait dengan apa yang dialami Ustad Abdul Somad yang mengalami penghadangan, persekusi, atau penghalangan dakwah, saya selaku pemangku amanat di ormas Islam, khususnya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI, sangat prihatin sekali,” kata Din, melalui keterangan tertulis, diterima JawaPos.com.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu lantas berharap hal serupa tidak kembali menimpa UAS maupun penceramah lainnya. Menurutnya setiap individu berhak menyampaikan ajaran Islam selama tidak keluar dari akidah Rasulullah Muhammad SAW.

“Secara khusus kami meminta hal semacam itu (persekusi atau penghadangan, Red) tidak terjadi lagi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Din menilai saat ini masyarakat mudah sekali termakan fitnah. Para pemuka agama Islam kerap kali dianggap menentang Pancasila. Din menganggap, tuduhan itu sangat menyakitkan.

“Ada satu fitnah yang sangat mudah sekali terjadi kepada seseorang. Misalnya soal tuduhan anti Pancasila. Maka umat Islam sudah kenyang. Pada satu atau dua dasawarsa Orde Baru, umat Islam pernah mendapatkan fitnah, seolah-olah Umat Islam itu menentang Pancasila. Ini kan menyakitkan,” ucapnya.

Sementara itu, Din menilai bahwa ceramah UAS selama ini tidak menyalahi akidah Islam. Maka seharusnya tidak diperdebatkan oleh publik.

“Saya sudah mengikuti apa yang disampaikan Ustad Abdul Somad. Beliau menjelaskan khilafah dari Alquran. Beliau ahli hadits. Beliau menjelaskan dari pandangan Islam. Jadi, saya pikir, umat Islam perlu bersyukur,” pungkasnya.
(jawapos.com/3/11/18)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories