Beban Utang Makin Besar, Pakar Ekonomi UI: Utang Indonesia Perlu Diwaspadai

MUSTANIR.com, Jakarta – Pakar Ekonomi Universitas Indonesia, Faisal Basri menyebut bahwa utang Indonesia perlu diwaspadai. Hal ini karena beban utang akan semakin berat seiring waktu dan memakan alokasi pengeluaran pemerintah pusat.

“Kalau beban utang yang wajib dibayar makin besar, berarti akan mendesak alokasi belanja untuk yang lain-lain. Pasti ada yang kena dampak dari peningkatan beban utang itu. Jadi utang Indonesia perlu diwaspadai,” terang Faisal seperti dilansir dari kiblat.net, selasa (12/03).

Ia memaparkan, utang Indonesia kini sekitar 4500 triliun. Meski begitu, Faisal mengatakan bahwa kondisi Indonesia secara umum masih baik. Bahkan menurut takaran Internasional, kata Faisal, utang Indonesia termasuk kecil.

“Utang Indonesia sekarang sekitar 4500 triliun rupiah. Ini 30% dari nilai kemampuan kita menghasilkan barang dan jasa (Produk Domestik Bruto). Berdasarkan standar Internasional, itu kecil, bahkan termasuk sangat kecil,” imbuhnya.

“Namun harus tetap kita waspadai karena beban utang itu kian lama kian besar porsinya dalam pengeluaran pemerintah pusat,” tuturnya.

Ia menjelaskan, utang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan yang terus naik akibat aspirasi meningkat. Sementara pendapatan negara mengalami fluktuasi. []

Sumber: Kiblat.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories